ciri khas kota Pati Jawa Tengah.



Bercerita tentang kota asal saya tidak lengkap rasa kalau kita tidak mengetahui tentang ciri khas apa saja di daerah saya seperti makanannya, wisata alamnya dan lain-lain.

Pertama saya akan memberitahu makanan yang menjadi ciri khas kota Pati Jawa Tengah.

NASI GANDUL DAN SOTO KEMIRI


Makanan yang menjadi ciri khas kota pati jawa tengah adalah NASI GANDUL dan SOTO KEMIRI. Kedua makanan khas kota Pati atau biasa disebut juga sebagai kota Bumi Mina Tani ini memang telah akrab dengan masyarakat Pati dan sekitarnya. Bahkan, belakangan orang Jakarta atau luar Pulau Jawa telah kenal dengan kedua makanan ini.
Pertama kita bahas mngenai nasi gandul terlebih dahulu. Dari segi rasanya, nasi gandul hampir sama seperti nasi rawon. Namun, penyajiannya agak berbeda, yakni piring yang dijadikan untuk tempat kita makan nasi gandul tersebut dilapisi dengan daun pisang dan masakan yang kuahnya mirip semur itu setelah dicampur dengan racikan rempah-rempah dan dipadu dengan daging sapi dihargai Rp 6.000/porsinya.
Soto kemiri pun tak jauh berbeda dengan nasi gandul. Makanan dengan ciri khas dikopyok (mencampur kuah dengan nasi berulang kali dalam mangkuk) itu, juga diminati banyak kalangan. Biasanya soto itu disajikan dengan ayam goreng. Selain itu bisa juga dinikmati dengan telur puyuh. Satu porsi soto kemiri hanya ditawarkan Rp 2.000.
Selain citarasa makanan khas, Pati juga menawarkan objek wisata yang cukup menarik. Di antaranya sebagai berikut :

WADUK GUNUNG ROWO
Objek wisata ini berlokasi di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong. Di tempat ini terdapat waduk seluas 320 Ha dan di puncak bukit dapat menikmati pemandangan di Daerah Ngarai wilayah Kabupaten Pati, dengan pemandangan alam yang indah berupa gunung dan lembah yang hijau penuh tanaman kopi, cengkih, buah-buahan dan tanaman pertanian lainya. Sayangnya tempat ini semakin lama makin kurang terawat.

GERBANG MAJAPAHIT

Situs peninggalan Gerbang Majapahit, Peninggalan sejarah berupa Pintu Gerbang terbuat dari kayu jati. Tempat ini terletak di Desa Rendole, Kecamatan Margorejo. Berdekatan dengan obyek wisata Sendang Tirta Sani. Pintu gerbang ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang diangkat oleh Kebo Nyabrang sebagai persyaratan untuk diakui sebagai Putra Sunan Muria. Namun setelah tiba di Desa Rondole, Kebo Nyabrang tidak mampu lagi mengangkat dan tidak mampu melanjutkan perjalanan kemudian menunggui pintu gerbang tersebut sampai meninggal dunia.


WISATA AIR DI DESA TALUN

Objek Wisata Rekreasi air memiliki potensi perairan budidaya ikan air tawar atau tambak. Objek wisata ini berlokasi di Desa Talun. Di tempat ini terdapat juga kolam pemancingan yang berfungsi sebagai sarana rekreasi, rumah makan/restoran khusus yang menyediakan masakan ikan air tawar.



GUA PANCUR

Objek wisata ini berlokasi di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen. Objek Wisata Gua Pancur sepanjang ±736 m memberikan pemandangan stalaktit dan stalaknit yang sangat indah. Dilengkapi dengan wisata hutan jati dan pemandangan alam yang indah.




GUA WAREH

Objek wisata ini berlokasi di Desa Kedumulyo Kec Sukolilo Obyek Wisata Gua dengan luas areal obyek 4,5 ha mempunyai 2 lorong, kekiri 100 m panjangnya, terdapat sungai bawah tanah dan kearah kanan dari mulut gua panjangnya 50 m tembus ke luar gua



AIR TERJUN GROJOGAN SEWU

Objek Wisata ini memiliki Air terjun setinggi ± 75 m. Potensi Air terjun yang berada di tengah panorama alam yang indah, kondisi masih alami dan belum digarap. Objek wisata ini berlokasi di Desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal




Begitulah kurang lebih keindahan alam dan ciri khas yang yang terdapat di kota Pati tempat tinggal saya. Semoga dengan informasi ini dapat memberikan refrensi kepada anda untuk mengunjungi tempat-tempat yang saya yang telah saya berikan pada blog ini. Sekian tulisan saya ini, semoga dapat bermanfaat. :)


Terimakasih Anda telah membaca tentang ciri khas kota Pati Jawa Tengah.
Judul:ciri khas kota Pati Jawa Tengah.
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Azkaa Najmuts tsaqib
Semoga informasi bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jangan lupa komentar Anda bila ingin bertanya. Salam Sukses

Top