Jalan Terjal untuk Arsenal di Markas Bayern


Setelah kalah 1-3 di kandang sendiri, Arsenal kini seperti menghadapi sebuah jalan terjal untuk bisa lolos. Bayern Munich sebaliknya ada di atas angin karena akan tampil di kandang sendiri dan punya catatan apik di sana.

Dalam laga leg I babak 16 besar Liga Champions lalu, Arsenal menelan kekalahan 1-3 ketika menjamu Bayern di Emirates. Untuk lolos 'The Gunners' butuh kemenangan setidaknya tiga gol tanpa balas ketika melawat ke Allianz Arena yang menjadi markas 'The Bavarians', Kamis (14/3/2013) dinihari WIB.

Hal itu bukan urusan mudah mengingat Bayern ternyata mampu memenangi seluruh laga kandangnya di Liga Champions musim ini. Sudah begitu, dalam dua lawatan terakhirnya ke markas Bayern, Arsenal pun menelan kekalahan.

Berikut data dan fakta seputar pertandingan nanti, seperti dicatat Opta dan dilansir Eurosport.

- Bayern adalah tim topskorer di Liga Champions sejauh ini (18 gol).

- Mengecualikan adu penalti, di kandangnya sendiri Bayern cuma kalah satu kali dari tim Inggris di kancah Eropa. Itu terjadi pada Oktober 1993 di Piala UEFA saat tunduk dari Norwich City.

- Bayern memenangi seluruh tiga pertandingan kandangnya di Liga Champions musim ini (bikin 12 gol, kebobolan tiga gol).

- Di kandang sendiri dalam Liga Champions, Bayern belum pernah kalah lebih dari dua gol tanpa balas.

- Arsenal baru pernah satu kali menang dalam lawatan ke Jerman di partai Liga Champions, kendatipun sudah tiga kali datang ke sana. Satu-satunya kemenangan itu terjadi pada September 2006 saat menang 2-1 atas Hamburg.

- Arsenal menelan kekalahan dalam dua laga tandang terakhirnya lawan Bayern, dengan mencetak satu gol dan kebobolan empat gol.

- Arsenal dan Bayern sudah bertemu lima kali di Liga Champions; 'The Bavarians' menang tiga kali, 'The Gunners' menang sekali, dan satu laga lainnya berakhir imbang.

- Bayern selalu mencetak gol di dalam masing-masing 13 laga terakhirnya di Liga Champions. Tim terakhir yang bisa membendung Bayern adalah Basel pada Februari 2012.

- Arsenal baru satu kali mencatat clean sheet di dalam 23 laga tandang terakhirnya di Liga Champions.

- Arsenal memiliki rekor pertahanan terburuk di antara tim partisipan babak 16 besar Liga Champions musim ini dengan kebobolan 11 gol, setara dengan jumlah yang dicatat Celtic.

- Arsenal juga mencatatkan jumlah tembakan paling sedikit di antara tim partisipan babak 16 besar Liga Champions musim ini--57 tembakan.

- Tiga gol Bayern dalam laga leg I lawan Arsenal lalu diawali dari umpan silang. Bayern juga dicatat paling banyak melepaskan umpan silang di Liga Champions musim ini--217 kali.

- Bayern memiliki 10 pencetak gol berbeda di Liga Champions musim ini.

- Cuma Zlatan Ibrahimovic, dengan lima assist, yang memiliki jumlah assist lebih banyak dari Olivier Giroud dan Philipp Lahm--masing-masing empat--di Liga Champions musim ini.

- Lukas Podolski telah mencetak empat gol dari empat tembakan tepat sasaran di Liga Champions musim ini.

Top